Kapuspen Kemendagri: Belum Semua Provinsi dan Kabupaten/Kota Bentuk PPID

Selasa, 8 Maret 2016 | Berita | Kementerian Dalam Negeri

Kendati undang-undang nomer 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik tahun ini telah memasuki tahun ke lima, namun belum didukung oleh adanya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PPID di semua Provinsi serta Kab/Kota di seluruh wilayah Indonesia.
Menurut Kepala Pusat Penerangan Kementrian Dalam Negeri Dodi Riyadmaji secara prosentase jumlah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi PPID di tingkatan Provinsi baru mencapai 40 persen.
Jadi, kalau dihitung Provinsi dan Kabupaten/Kota yang belum bentuk PPID itu sekitar 66 persen,’’ ujar Dodi kepada wartawan pada Rapat Kerja PPID Se Provinsi Papua, Kamis (4/6) kemarin.
Dodi menjelaskan, dari 34 Provinsi baru 31 yang membentuk Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi, sementara dari 98 kota se Indonesia baru sekitar 85 Kota yang miliki PPID. Untuk Kabupaten dari 410 yang sudah miliki PPID sebanyak 245.
Dengan demikian, masih banyak Kabupaten di Indonesia yang belum memiliki PPID. Untuk itu, sebagai kepala Pusat Penerangan Kemendagri, ia mempunyai beban moral untuk memfasilitasi teman-teman di daerah untuk memperlancar pembentukan PPID dan juga pembentukan Komisi Informasi di daerah masing-masing.
Sebab, kata Dodi, Komisi Informasi ini juga penting, sebab, pada saat ada publik meminta informasi kepada PPID, lalu tidak diberikan, tentu ada sengketa dan tentu akan diselesaikan oleh Komisi Informasi yang ada di daerah.
Lanjutnya, untuk pembiayaan pemebntukan komisi informasi dibebankan kepada APBD Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Namun, banyak Pemda juga banyak keberatan untuk menganggarkan dalam ABPD-nya.
Sementara itu, kepala PPID Provinsi Papua, F.X. Mote yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua, menuturkan melalui rapat kerja ini pihaknya akan terus mendorong Kabupaten/Kota di Papua maupun tiap SKPD di Pemerintah Provinsi Papua yang belum mempunyai PPID untuk segera membentuk PPID .
Untuk Provinsi Papua, kata Mote sampai akhir Mei 2015, baru terbentuk 6 PPID dari 48 SKPD di lingkungan pemerintah provinsi Papua dan baru 8 PPID dari 29 Kabupaten/Kota.
Untuk kabupaten/Kota, PPID Kabupaten Keerom yang sangat maju, sebab PPID keerom sudah sampai pada penyiapan daftar informasi publik. Dimana, sudah bisa menyiapkan informasi yang rahasia dan bisa dipublikasikan kepada masyarakat. Ujarnya. 

-- https://www.pasificpos.com/info-papua/2529-kapuspen-kemendagri-belum-semua-provinsi-dan-kabupaten-kota-bentuk-ppid

Tentang SIP PPID
Apa itu SIP PPID? Bagaimana Cara mendapatkan SIP PPID? Cara mengajukan permohoan Informasi? Bagaimana Cara Menyampaikan Aspirasi?' Ringkasan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP PPID yang sudah tergabung