Kemendari Dorong PPID Jadi Ujung Tombak Keterbukaan Informasi

Selasa, 8 Maret 2016 | Berita | Kementerian Dalam Negeri

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemda sebagai ujung tombak keterbukaan informasi.

Dukungan tersebut terungkap dalam kegiatan Loka Karya Pers bertema Dukungan Pemerintah dalam Persiapan Penyelenggaraan Pemilu 2014 dan Sosialisasi Peran PPID Pemda sebagai ujung tomba keterbukaan informasi public di Topas Hotel, Bandung, Jumat (27-–28 September ) malam.

Acara ini diselenggarakan Kemendagri bersama kelompok kerja (pokja) wartawan Kemendagri dan LSM Jerman GIZ sehubungan hari Internasional Hak untuk Tahu (International Right to Know) yang jatuh 28 September. Acara yang dibuka Kapuspen Kemendagri Restuardy Daud ini menghadirkan sejumlah pembicara dari pejabat Kemendagri.

Kapuspen Restuardy didammpingi Kepala PPID Kemendagri, Andi Kriarmoni mengatakan Hari Hak Internasional untuk Tahu dicetuskan untuk meningkatkan kesadaran global hak individu dalam mengakses informasi pemerintah dan untuk mempromosikan akses informasi sebagai hak dasar manusia.

Hari Hak Internasional untuk Tahu sudah diperingati di 40 negara, dan Indonesia merupakan Negara ke lima di Asia yang memberlakukan UU yang secara spesifik mengatur pemenuha hak atas informasi public melalui UU No.14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Pemberlakuan UU ini merupakan impelemntasi semangat transparansi sebagai pemenuhan HAM warga untuk mengetahui informasi public yang dijamin Pasal 28 UUD 45 .

“Sesuai dengan Pasal 13 UU KIP, untuk mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana maka setiap badan public menunjuk PPID,” kata Ardy.

Kemendagri sangat mendorong agar PPID Pemda dijadikan ujung tombak keterbukaan informasi public. Salah satu bentuk dorongan adalah dengan menerbitkan berbagai peraturan Mendagri di lingkungan Kemendagri dan Pemda.

Dengan demikian masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang mreka butuhkan. Kemendagri sendiri cukup terbuka menginformasikan berbagai informasi yang dibutuhkan public dan membuka seluas – luasnya bagi pers untuk mengakses informasi. 

 

--- http://lampost.co/berita/kemendari-dorong-ppid-jadi-ujung-tombak-keterbukaan-informasi

Tentang SIP PPID
Apa itu SIP PPID? Bagaimana Cara mendapatkan SIP PPID? Cara mengajukan permohoan Informasi? Bagaimana Cara Menyampaikan Aspirasi?' Ringkasan UU No 14 Tahun 2008 tentang KIP PPID yang sudah tergabung